Agar Tidak Repot Menjelang Hari H, Yuk Cicil Pretilan Pernikahan Berikut Ini

Sudah menjadi rahasia umum bahwa persiapan pernikahan tidak sesederhana yang dibayangkan. Banyak hal yang harus diurus mulai dari mencari gedung pernikahan, mencari vendor-vendor pernikahan, menyiapkan gaun pernikahan, undangan, souvenir, dan lain sebagainya. Persiapan pernikahan tidak hanya menyita waktu, tetapi juga pikiran dan tenaga, terlebih lagi biaya. Persiapan pernikahan sebaiknya dilakukan beberapa bulan sebelum hari H. Hal ini bertujuan agar Anda dapat benar-benar mempersiapkan pesta pernikahan Anda dengan matang. Berikut ini pritilan – pritilan pernikahan yang bisa Anda cicil agar saat mendekati hari H Anda tidak kerepotan :

1. Hunting gedung pernikahan
Bagi Anda yang ingin menggelar pesta pernikahan di gedung, sebaiknya segeralah melakukan survey meskipun tanggal pernikahan belum ditetapkan. Survey yang dimaksud seperti berapa harga sewa gedung tersebut, tanggal berapa saja yang masih kosong, dan fasilitas apa saja yang didapat dari gedung tersebut. Bahkan tidak sedikit calon pengantin memilih tanggal pernikahan sesuai dengan tanggal yang masih kosong di gedung tersebut. Pilihan gedung pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan jumlah tamu undangan. Jangan memilih gedung pernikahan dengan kapastias 2000 orang jika undangan yang disebar hanya 500 undangan ini akan memberikan kesan yang pernikahan Anda terlalu kosong. Begitu juga sebaliknya jangan memilih gedung pernikahan dengan kapasitas 2000 orang jika undangan yang disebar hanya 1000 undangan ini akan memberikan kesan pernikahan Anda sangat padat dan tentunya akan membuat tamu undangan kurang nyaman. Jika Anda menggelar pesta pernikahan di rumah, sebaiknya siapkan apa saja yang dibutuhkan seperti tenda, kursi, meja, dll.

2. Undangan
Urusan undangan sepertinya Anda harus berhati-hati, jangan sampai ada yang terlewat. Lebih baik Anda diskusikan dengan orangtua siapa saja yang sebaiknya akan diundang. Biasaya tidak hanya teman dekat dan rekanan dari sang anak, sahabat dan rekanan dari orangtua juga tidak boleh ketinggalan. Jika Anda sudah membuat listnya, ada baiknya jika Anda cek ulang kembali untuk memastikan tidak ada yang terlewat. Jika ada undangan yang harus dikirim ke luar kota lebih baik undangan dikirim sebulan sebelum tanggal pernikahan, agar tamu undangan tersebut bisa menyiapkan diri untuk menghadiri pesta pernikahan Anda, misalnya ijin cuti atau urusan transport.

3. Administrasi KUA
Tidak sedikit berkas yang harus diurus untuk mendaftarkan pernikahan kita di KUA.  Ada banyak berkas yang perlu dipersiapkan seperti fotokopi ktp, kartu keluarga, ijazah, pas photo, dll. Sebelum ke kantor kecamatan, Anda harus mengurus surat pengantar terlebih dahulu dari RT/RW, ke kantor kelurahan, sampai ke kecamatan. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini saat mengurus surat nikah di KUA. Jika sudah Anda lengkapi, sebaiknya disimpan dalam 1 map agar tidak tercecer dan hilang.

4. Souvenir
Memilih souvenir merupakan keasyikan sendiri. Carilah souvenir yang tidak hanya lucu tetapi juga berguna bagi tamu undangan. Meskpiun terlihat sepele, tapi sebaiknya souvenir Anda siapkan jauh-jauh hari. Siapa tau karena terlalu sibuk dengan persiapan yang lain, mendekati hari H Anda kelabakan masih mencari souvenir.
 IMG_0036

5. Gaun Pengantin
Jika Anda berencana untuk membuat gaun pernikahan sendiri, sebaiknya sudah Anda pikirkan desain seperti apa yang Anda inginkan. Karena membuat gaun pernikahan tidak semudah dan secepat yang dibayangkan. Selain tersita dengan desain gaun pernikahan, Anda juga harus memikirkan kain untuk gaun tersebut. Saat mencari kain untuk gaun pernikahan Anda, sebaiknya ajak designer yang Anda pilih untuk membuat gaun pernikahan Anda agar tidak salah pilih kain dan bisa mengira-ngira berapa meter yang Anda butuhkan. Selain untuk gaun sendiri, jika Anda berencana untuk memberikan seragam bagi keluarga sebaiknya juga disiapkan jauh-jauh hari.

Demikianlah ulasan pritilan – pritilan persiapan pernikahan yang bisa Anda cicil agar tidak kerepotan saat hari H. Jika Anda sedang merencanakan momen prewedding dan sedang mencari vendor dokumentasi prewedding, percayakan pada Warna Indonesia Photography. Warna Indonesia Photography sebagai vendor dokumentasi prewedding terbaik di Jogja. Warna Indonesia Photography menawarkan paket menarik untuk mengabadikan moment prewedding Anda dengan berbagai macam paket yang ditawarkan, seperti prewedding indoor, prewedding outdoor dan cinematic prewedding. Untuk melihat portofolio Warna Indonesia Photography kunjungi alamat website kami www.warnaindonesiaphoto.com atau instagram @warnaindonesia. Abadikan moment istimewa Anda bersama Warna Indonesia Photography, coloring every moment..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *