Biaya Pernikahan Yang Tidak Terduga

Pernikahan, mendengar kata itu pasti Anda sudah membayangkan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk menggelar sebuah pernikahan. Sesederhananya pernikahan, pasti juga tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Orang yang sedang mempersiapkan pernikahan,seringkali dibuat pusing untuk mengakalinya, bagaimana caranya menyelenggarakan pernikahan seapik mungkin tetapi dengan budget yang terbatas. Untuk menghindari over budget, sebaiknya Anda harus tau tentang hal-hal tak terduga yang dapat menyebabkan over budget sehingga Anda dapat mempersiapkan biayanya. Apa saja biaya tak terduga tersebut, berikut ulasannya :

1. Biaya Transportasi
Sudahkan Anda memasukkan biaya transportasi kedalam anggaran pernikahan Anda ? Biaya trasportasi tidak hanya mencakup mobil pengantin tetapi juga rombongan keluarga dan panitia untuk antar – jemput ke lokasi pernikahan. Karena biaya yang tidak sedikit untuk menyewa mobil pengantin dan untuk keperluan antar jemput keluarga, jadi sebaiknya sudah Anda perhitungkan ke dalam anggaran pernikahan agar tidak menjadi biaya yang tidak terduga.

2. Konsumsi keluarga, panitia dan vendor
Karena Anda akan melibatkan banyak orang dalam acara pernikahan Anda, terutama saat hari H. Jangan lupa untuk memfasilitasi mereka, terutama konsumsi. Jangan sampai Anda sudah melibatkan mereka tanpa menghargai mereka. Misalnya Anda memulai acara sejak pagi, sediakan sarapan untuk mereka. Karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit untuk masalah konsumsi ini, jadi sebaiknya sudah Anda perhitungkan dan masuk dalam anggaran pernikahan Anda.

3. Pajak
Jika Anda menggunakan paket pernikahan, sebaiknya jangan lupa tanyakan apakah paket yang ditawarkan sudah termasuk biaya pajak atau belum. Jangan sampai Anda tidak mengetahuinya dan harus menambah saat di akhir. Tentunya hal ini akan menjadi biaya yang tidak terduga bukan ? dan pastinya akan menyebabkan over budget.

4. Bukan Vendor Rekanan
Biasanya tempat pernikahan, baik gedung ataupun hotel dan wedding organizer mempunyai vendor rekanan. Jadi misalnya Anda menggunakan tempat pernikahan atau wedding organizer tersebut, Anda ditawarkan menggunakan vendor rekanan mereka. Jika Anda ingin menggunakan vendor lain, biasanya Anda akan dikenakan charge tambahan. Charge tambahan ini sebaiknya juga perlu Anda perhitungkan agar tidak menjadi biaya yang tidak terduga, dan akan menyebabkan over budget.

5. Cash Tips
Karena pernikahan selalu melibatkan banyak orang dan pastinya Anda juga meminta bantuan dari mereka, biasanya sebagai bentuk terima kasih, pengantin dan keluarga akan memberikan mereka cash tips, terutama bagi mereka yang mempunyai peran besar dan sudah membantu dari awal. Kenapa cash tips dipilih, karena ini adalah hal yang cukup simple dan paling mudah untuk diberikan. Karena persiapan pernikahan yang begitu menyita waktu, tenaga dan pikiran. Sebaiknya berikan sesuatu untuk membalas kinerja mereka. Untuk merencanakan anggaran yang akan Anda sisihkan, sebaiknya buatlah daftar siapa saja yang akan Anda berikan dan berapa besarnya cash tips yang akan Anda berikan. Jika sudah Anda anggarkan, tentunya ini tidak akan menjadi biaya yang tidak terduga bukan ?

6. Rapat Pembentukan dan Pembubaran Panitia
Karena pernikahan adalah sebuah acara yang besar, tidak heran jika sebuah pernikahan akan melibatkan banyak orang. Tidak hanya saat persiapan tetapi juga saat pelaksanaan hari H. Setelah tanggal ditentukan, biasanya keluarga besar akan berkumpul dan akan membentuk sebuah panitia pernikahan. Dan saat pembentukan panitia inilah, akan dibagi tugas dan peran masing – masing anggota keluarga. Sama halnya saat pembentukan panitia, setelah acara pernikahan telah selesai digelar biasanya akan diadakan rapat pembubaran panitia. Konsumsi tidak terlepas dari kegiatan ini, jadi jangan lupa untuk menganggarkan biaya konsumsi untuk rapat pembentukan dan pembubaran panitia.

vendor-foto-dan-video-pernikahan-wedding-muslim-tradisional-modern-jogja-semarang-solo (3)

7. Biaya Cadangan
Sebaiknya Anda perlu menyiapkan biaya cadangan untuk antispiasi hal-hal yang mendadak yang sebelumnya tidak diperhitungkan. Contohnya, keperluan alat tulis saat rapat panitia, biaya fotocopy rundown acara, dan lain sebagainya. Jadi Anda tidak akan mengalami over budget karena sudah dipersiapkan sebelumnya.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang dapat menjadi biaya yang tidak terduga saat menggelar pesta pernikahan. Semoga hal-hal tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan. Jika Anda sedang merencanakan pernikahan dan sedang mencari vendor dokumentasi pernikahan, percayakan pada Warna Indonesia Photography. Warna Indonesia Photography sebagai vendor dokumentasi foto dan video pernikahan terbaik di Jogja menawarkan paket menarik untuk mengabadikan moment pernikahan dengan berbagai macam paket yang ditawarkan. Seperti foto, photobooth, video dokumentasi dan video cinematic. Untuk info lebih lanjut mengenai paket yang ditawarkan bisa menghubungi wa/sms/telpon 081903744840 untuk melihat portofolio Warna Indonesia Photography kunjungi alamat website kami www.warnaindonesiaphoto.com. Jangan ragu untuk mempercayakan vendor dokumentasi Anda kepada Warna Indonesia Photography, karena Warna Indonesia Photography sudah berkarya selama 10 tahun di bidang foto pernikahan. Abadikan moment istimewa Anda bersama Warna Indonesia Photography, coloring every moment.

One thought on “Biaya Pernikahan Yang Tidak Terduga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *