[Tips Pernikahan] Cara Mengatasai Permasalahan Dengan Vendor Pernikahan

Sebuah pernikahan sudah pasti melibatkan banyak pihak. Karena pernikahan adalah momen yang cukup besar dimana membutuhkan persiapan yang sangat matang dan melibatkan banyak orang didalamnya. Mulai dari keluarga, sahabat, sampai vendor pernikahan. Untuk vendor pernikahan sendiri, biasanya calon pasangan pengantin akan melibatkan 4 – 9 vendor pernikahan.

Berkomunikasi dengan vendor pernikahan akan menjadi tantangan bagi Anda yang memilih untuk mempersiapkan pernikahan sendiri tanpa bantuan dari wedding organizer. Karena Anda akan berhubungan langsung dengan vendor – vendor tersebut, dan jika masalah muncul, maka Anda harus mengurusnya sendiri. Seringkali masalah muncul karena miskomunikasi. Untuk menhindari permasalahan dengan vendor, sebaiknya simak ulasan berikut ini tentang cara mengatasi permasalahan dengan vendor seperti yang dikutip dari seputarpernikahan.com :

referensi-lokasi-pernikahan-outdoor-di-jogja (3)

1. Meminta Kontrak Kerja Dari Awal
Sejak awal ketika Anda sudah deal dengan vendor, jangan ragu untuk meminta kontrak kerja dari awal. Karena kontrak kerja inilah yang akan membantu Anda apabila mengalami masalah. Kontrak kerja biasanya berisi hal – hal yang disepakati bersama dan hal – hal yang harus dilakukan oleh keduabelah pihak. Kontrak kerja sebenarnya sangat penting, untuk itu jangan ragu untuk selalu meminta kontrak kerja dari vendor pernikahan Anda.

2. Teliti dan Cermat Dalam Membaca Isi Kontrak Kerja
Karena begitu pentingnya kontrak kerja, jadi jangan sampai Anda tidak paham dengan isi kontrak kerja yang disepakati bersama. Sebelum Anda menandatangi kontrak kerja tersebut, baca dengan teliti dan cermat apa saja kesepakatannya, misalnya apa yang harus dilakukan vendor dan yang harus Anda lakukan. Jika masih ada yang belum jelas dengan kontrak kerja tersebut, sebaiknya perlu Anda tanyakan sampai Anda benar – benar paham dengan kontrak kerja yang akan disepakati. Jangan sampai terjadi miskomunikasi. Jika Anda sudah jelas dengan kontrak kerja tersebut, barulah Anda menandatanganinya. Jangan lupa untuk membuat salinan agar keduabelah pihak mempunyai kontrak kerja tersebut.

 3. Bertanya Tentang Sistem Pembayaran
Karena hal yang menyangkut materi sangat sensitif, jadi bertanyalah dari awal bagaimana sistem pembayaran vendor tersebut. Biasanya vendor pernikahan akan memberikan beberapa kali kesempatan untuk pembayaran, misalnya DP 1, DP 2 dan pelunasan, apakah pelunasan harus dilakukan sebelum hari H atau bisa setelah hari H. Sebaiknya sertakan sistem pembayaran ini kedalam kontrak kerja.

 4. Menyimpan Dokumen Vendor Dengan Rapi
Dokumen yang dimaksud tidak hanya tentang kontrak kerja tetapi juga pembayaran dari vendor – vendor pernikahan Anda. Agar tidak tercecer, sebaiknya simpan rapi ke dalam 1 map khusus. Sehingga tidak hilang dan agar lebih mudah untuk dicari. Hal ini juga bertujuan untuk menghitung kembali berapa biaya yang dikeluarkan untuk menggelar pesta pernikahan Anda.

5.  Ganti Vendor Baru Jika Anda Sudah Merasa Tidak Cocok
Jika ditengah perjalanan persiapan pernikahan Anda sudah merasa tidak cocok dengan vendor pernikahan tersebut. Sebaiknya ganti vendor yang baru apabila masih mempunyai cukup waktu. Karena ini adalah hari pernikahan Anda, jangan sampai Anda merasa kecewa. Misalnya waktu yang tersisa tidak cukup untuk mengganti vendor, sebaiknya bicarakan baik – baik apa yang menjadi unek – unek Anda. Agar vendor pernikahan tersebut, bisa bekerja sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Semoga hal-hal tersebut dapat bermanfaat dan membantu Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan. Jika Anda masih mencari vendor dokumentasi yang tepat untuk mengabadikan moment pernikahan Anda, jangan ragu untuk mempercayakan pada Warna Indonesia Photography . Warna Indonesia Photography sudah berpengalaman dalam bidang dokumentasi pernikahan dan menjadi vendor dokumentasi pernikahan yang terpercaya di Yogyakarta. Warna Indonesia Photography menyediakan berbagai macam paket dokumentasi pernikahan, mulai dari foto, video dokumentasi, video cinematic, dan photobooth. Untuk melihat portofolio kami, Anda bisa mengunjungi halaman website kami Warna Indonesia Photography dan galery instagram kami @warnaindonesia dan @warnaindonesiawedding. Jangan ragu untuk mengabadikan momen bahagia Anda bersama Warna Indonesia Photography, coloring every moment ..

2 thoughts on “[Tips Pernikahan] Cara Mengatasai Permasalahan Dengan Vendor Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *